Senin, 01 September 2008

Makna Puasa

Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta hawa nafsu, dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh ampunan sekaligus bulan panen pahala. Bulan puasa dapat dikatakan sebagai bulan pelatihan karena pada bulan ini kualitas keimanan dan keislaman manusia benar benar diuji melalui kewajiban menjalankan ibadah puasa.
Makna dari bulan puasa adalah agar kita dapat menahan hawa nafsu, bersikap simpati dan empati kepada orang lain, dan bersikap jujur pada diri sendiri.Puasa hendaknya tidak sekedar dimaknai sebagai perjuangan untuk menahan haus dan lapar sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Dengan kata lain, puasa yang bukanlah sekedar puasa biologis, tetapi juga puasa rohani dengan cara menahan diri untuk tidak memelihara pikiran buruk terhadap sesama, melakukan tindakan yang tidak terpuji, serta mengumbar nafsu amarah.
Kita diharapkan agar tidak hanya di bulan ramadhan saja beribadah dan melakukan amal saleh lainnya, tapi di bulan lain pun kita harus selalau menjalankan ibadah.
Semoga kita bisa mengerti makna puasa sesungguhnya, dan selalu menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Kita lebih bisa mengintrospeksi diri pada bulan Ramadhan tahun ini. Agar hari esok menjadikan kita lebih baik dari hari ini.

Tidak ada komentar: