Kamis, 04 September 2008

Makna Sumpah Pemuda

Sebelum pemuda dan pemudi Indonesia mengikrarkan sumpah pemuda, Indonesia merupakan negara yang masyarakatnya terpecah belah oleh budaya, agama, dan suku yang berbeda-beda. Tetapi sumpah pemuda merubah segalanya.
Pada tanggal 28 Oktober 1928, saat berlangsungnya Kongres Pemuda II, para pemuda-pemudi mengikrarkan sebuah sumpah yang dikenal dengan nama Sumpah Pemuda. Mereka dari berbagai suku dan agama untuk memperjuangkan sebuah tanah air, bangsa dan bahasa yang satu yakni Indonesia.
Isi dari Sumpah Pemuda :
1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertanah-air yang satu, tanah-air Indonesia
3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Dari isi Sumpah Pemuda ini dapat disimpulkan bahwa kata Indonesia sudah digunakan secara lugas dan tegas untuk menunjukkan identitas nasional yakni tanah air Indonesia, bangsa Indonesia dan bahasa Indonesia.
Tapi sekarang, bangsa Indonesia terancam kehilangan makna sumpah pemuda yang menghendaki tanah air yang satu, bangsa yang satu dan bahasa yang satu. Banyak sesama pelajar yang sering terlibat pertikaian, pertikaian antar-suku, bahkan agamapun dijadikan sarana menindas orang lain yang tidak sepaham dengan kelompoknya. Perbedaan bukan lagi alat untuk bersatu, melainkan untuk membinasakan sesama.
Untuk itu, kita sebagai bangsa Indonesia dan generasi penerus harus memahami makna sumpah pemuda agar dapat melanjutkan perjuangan menuju Indonesia yang lebih baik.

Tidak ada komentar: